23 KRITERIA GURU IDAMAN

23 KRITERIA GURU IDAMAN 

 A. RAMAH & RIANG
Murah senyum, menyapa, memulai pembicaraan, memancing pertanyaan, tanggap dengan penuh perhatian dan hormat terhadap komentar siswa. - Menceritakan leucon, tertawa bersama siswa

 B. PENUH KEAKRABAN
 Pandai membuat lelucon, mendorong dan memulai diskusi, hafal nama-nama siswa, berinteraksi dengan siswa sebelum dan setelah pembelajaran berlangsung


 C. BERWIBAWA & PERCAYA DIRI
Menerapkan tata tertib belajar yang jelas, menjaga ketertiban kelas, berbicara dengan suara lantang dan jelas. - Berbicara jelas, menatap (kontak) mata siswa, menjawab pertanyaan dengan benar

 D. RENDAH HATI & PEDULI
 Mengakui kesalahan, tidak sombong, tidak mendompleng sukses orang lain, dan tidak merendahkan perestasi/sukses orang.lain - Menghargai karya siswa yang baik,. membantu siswa yang membutuhkan bantuan, hafal nama-nama siswa, menawarkan bonus atau nilai tambahan terhadap prestasi siswa yang tinggi

 E. HORMAT/MENGHARGAI
Tidak melecehkan dan mempermalukan siswa di kelas, ramah pada siswa, mengucapkan kata minta tolong dan terima kasih terima kasih atas tindakan siswa yang diminta, tidak memotong pembicaraan siswa, tidak mebentak atau mengeluarkan kata-kata kasar pada siswa F. PENDENGAR YANG BAIK Tidak memotong pembicaraan siswa, selalu mengadakan kontak mata, menanyakan inti pertanyaan yang diajukan siswa

G. PROFESIONAL DALAM PENAMPILAN
 Berpakaian rapih, bersih, tidak kusut, dan kotor

 H. ANTUSIAS DALAM MENGAJAR
 Murah senyum saat mengajar, menyajikan kegiatan belajar yang menarik, menampilkan ekspresi gerak dan mimik untuk pernyataan atau hal-hal penting, dan datang tepat waktu

 I. MENGELOLA WAKTU PEMBELAJARAN DENGAN BAIK  Tiba tepat waktu atau lebih awal, mengakhiri pembelajarn tepat waktu, menyajikan bahan ajar yang relevan, memberikan kesempatan (waktu) untuk pertanyaan, menepati janji, mengembalikan pekerjaan siswa tepat waktu

 J. KREATIF & MENARIK
 Melakukan eksperimen metode mengajar, menggunakan produk teknologi untuk mendukung dan meningkatkan kualitas pengajaran, menggunakan contoh yang relevan, menarik, dan tidak monoton 

K. KOMUNIKATOR EFEKTIF
Berbicara lantang dan jelas, menggunakan kata/istilah baku, memberikan contoh yang jelas dan relevan

 L. MENETAPKAN SASARAN BELAJAR HARIAN
Menyiapkan dan mengikuti silabus dan RPP setiap kali melakukan pengajaran dan pembelajaran

M. MELEK/TERAMPIL TEKNOLOGI
Mampu menggunakan komputer, mampu melakukan surat-menyurat melalui e-mail, mampu menggunakan alat tayang seperti OHP, LCD, dll

N. MENGUASAI MATERI AJAR
Mampu menjawab dengan mudah pertanyaan siswa, tidak membaca langsung dari buku atau catatan, dan memberikan contoh yang jelas dan mudah dimengerti

O. MENYAJIKAN INFORMASI TERKINI
Mengaitkan topik pembelajaran dengan situasi nyata terkini, menggunakan rujukan (buku, majalah, video dll) mutakhir P. SELALU SIAP Membawa benda/bahan yang diperlukan dalam pembelajaran, tidak pernah terlambat datang ke kelas, memberikan kerangka kegiatan belajar (diskusi dsb)

Q. MERANGSANG DISKUSI
 Mengajukan pertanyaan menantang dan kontroversial saat pembelajaran, mengarahkan siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran

R. MERANGSANG TUMBUHNYA PIKIRAN KRITIS/RANGSANGAN INTELEKTUAL Mengajukan pertanyaan cerdas/mendalam/bijak, menggunakan soal essay dalam kuis atau ujian, memberikan tugas rumah, mendorong diskusi/kerja kelompok

S. MEMBERIKAN UMPAN BALIK KONSTRUKTIF
 Memberi komentar pada kertas kerja siswa, menjawab pertanyaan siswa, dan memberi saran

T. MENERAPKAN UJIAN YANG BERKEADILAN
 Memberikan garis-garis besar bahan yang akan diujikan, soal ujiam relevan, tidak membebani siswa dengan bahan bacaan, memberikan materi ajar yang sesuai dengan tingkatan mayoritas siswa

U. PEKA & TEGUH HATI
 Meyakinkan diri bahwa siswa telah menguasai materi ajar sebelum berpindah ke materi baru, memberikan pelajaran tambahan, mengulangi penjelasan bila perlu, menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa

V. BERUSAHA MENJADI GURU YANG LEBIH BAIK
Meminta umpan balik atas kinerjanya dari siswa, selalu belajar (mengikuti seminar, pelatihan dll), menggunakan metode mengajar tebaru

W. KESALINGMENGERTIAN
Mau menerima alasan yang sah siswa yang ingin meniggalkan pelajaran, tidak kehilangan kendali diri (marah) terhadap siswa, menyediakan waktu tambahan untuk mendiskusikan materimateri yang sulit.

Posting Komentar

0 Komentar